Musik

Sejarah Musik Country: Pencipta, Alat Musik, dan Ciri Khasnya

Menilik sejarah tentang perkembangan musik memang selalu menarik untuk disimak. Salah satu genre musik tertua yang pernah ada adalah country. Musik country merupakan campuran dari unsur-unsur musik seperti blues, gospel, dan folk Amerika dari pegunungan Applachia.

Musik country sebenarnya sudah mulai berkembang sejak tahun 1920-an. Namun istilah country baru digunakan sekitar 1940-an menggantikan istilah musik hillbilly yang berkesan merendahkan. Penyebaran musik country tak lepas dari peran para imigran di awal abad ke-19.

Kelompok imigran dari berbagai daerah Eropa seperti Irlandia, Britania Raya, Jerman, Italia, hingga Spanyol masuk ke Amerika, khususnya Texas. Para kelompok imigran ini akhirnya berinteraksi dengan warga Amerika Serikat yang sudah terlebih dulu menetap di Texas.

Alhasil, percampuran budaya ini menghasilkan sebuah situs judi bola resmi kebudayaan baru termasuk musik country. Musik country terus berkembang seiring berjalannya waktu. Sebelum nama Elvis Presley terkenal karena country, ada beberapa fase perjalanan musik country yang dilewati. Musik country pertama yang direkam secara layak adalah lagu “Sallie Gooden” oleh A.C. Robertson pada 1922. Vernon Dalhart merupakan penyanyi country pertama yang sukses menjadi hit besar di Amerika.

Perkembangan musik country lama memunculkan nama-nama seperti Riley Puckett, Don Richardson, Fiddlin’ John Carson, Al Hopkins, Charlie Poole, dan North Carolina Ramblers. Music country kemudian berkembang menjadi lebih modern karena pengaruh Jimmie Rodgers dan Carter Family. Keduanya dianggap sebagai pendiri musik country dan lagu-lagu mereka direkam pertama kali dalam sesi bersejarah di Bristol, Tennessee/Bristol, Virginia, 1 Agustus 1927.

Baca Juga : Panduan Musik Synth-Pop: Sejarah Singkat Synth-Pop

Pada waktu itu, Ralph Peer bertindak sebagai pemandu bakat dan teknisi perekam suara. Rodgers mencampur unsur-unsur hillbilly country, gospel, jazz, blues, pop, cowboy, dan folk. Sebagian besar dari lagu-lagunya, termasuk “Blue Yodel” terjual lebih dari satu juta keping, dan sekaligus menjadikannya sebagai penyanyi utama pada era awal musik country.

Selama 17 tahun berturut-turut sejak tahun 1927, grup Carter Family merekam sebanyak 300 lagu balada old time, lagu tradisional, lagu country, dan himne gospel yang merupakan peninggalan budaya dan folklor Amerika Serikat Bagian Tenggara. Berbicara tentang musik country, pasti Anda sering mengaitkannya dengan koboi.

Semua ini tak lepas dari film-film Hollywood yang menggambarkan sosok koboi dengan iringan musik country di era 1930-an dan 1940-an. Imej koboi dan musik country akhirnya terus melekat hingga saat ini. Musik country mengalami perkembangan yang lebih jauh di tahun 1950-an dan 1960-an.

Popularitasnya melejit berkat kemunculan Nashville sound atau irama musik yang mengubah lagu-lagu country. Kehadiran para penyanyi seperti Elvis Presley, Johnny Cash, dan Carl Perkins bahkan membawa country ke papan atas tangga lagu dunia. Pada era ini musik country seolah mencapai puncak kejayaannya di dunia.

Perkembangan musik country pun berlanjut ke era 1990-an dan 2000-an di mana percampuran genre menjadi hal paling relevan di industri musik. Country berpadu dengan berbagai genre musik lain sehingga eksistensinya tetap terjaga. Taylor Swift menjadi contoh bagaimana musisi country bisa tetap berjaya di era 2000-an meski harus menggabungkan unsur pop ke dalamnya.

Alat Musik

Demi menghasilkan suara yang khas, musik country memiliki sejumlah alat musik khusus.

Berikut ini instrumen musik yang biasa digunakan dalam musik country. Akordion Auto Harp Banjo Bass Dobro Mandolin Biola Gitar Akustik Harmonika Drum Sitar Piano Washboard

Ciri Khas

Musik country memiliki ciri khas dan karakteristik yang membedakannya dari genre lain.

Berikut ciri-cirinya:

1. Genre musik ini biasanya berisi balada dan lagu tarian yang cukup sederhana.

2. Dalam improvisasinya, lagu-lagu country sebagian besar menggunakan improvisasi dalam nada pentatonik dan mayor.

3. Musik country lebih banyak menggunakan tangga nada mayor dalam lagu-lagunya. Hal itu dikarenakan nada mayor lebih mencerminkan kegembiraan seperti apa yang ingin digambarkan dan tertulis dalam lirik-lirik lagu country.

4. Biasanya menggunakan alternasi bass atau bass berganti di sela-sela strumming.

error: Content is protected !!