Pasar Tradisional

Pasar Tradisional Khas Sumatra Barat

Sumatera Barat atau Sumbar merupakan salah satu provinsi yang kaya akan daya tarik wisata. Ketika selesai berwisata di Sumbar, tak lengkap rasanya jika pulang tak membawa oleh-oleh khas. Kamu bisa berbelanja oleh-oleh di beberapa pasar tradisional yang ada di Sumbar. Berikut 5 pasar tradisional Sumbar yang bisa kamu datangi untuk membeli oleh-oleh yang cocok kamu bawa pulang. Simak yuk ulasannya!

1. Pasar Atas tampilkan wajah tradisional khas Tanah Minangkabau

Pasar Atas atau dikenal juga dengan sebutan Pasar Ateh berada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Pasar Ateh memiliki sejarah yang panjang, bahkan pasar ini sudah ada sebelum era kolonial. Pasar Ateh berawal dari tokoh adat yang menggelar aktivitas jual beli setiap hari sabtu.

Lambat laun pasar ini berkembang pesat hingga sekarang. Selain bisa menemukan oleh-oleh yang cocok dibawa pulang, di pasar ini kamu juga bisa melihat keunikan penjual yang menjajakan barang dagangannya di atas lapak yang terbuat dari anyaman bambu dan beratap rumbia.

2. Pasar Van Der Capellen tampilkan nuansa belanja tempo dulu

Pasar Van Der Capellen berada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Pasar ini tak hanya tempat melakukan aktivitas jual beli tapi juga destinasi wisata baru dengan konsep tempo dulu. Pasar ini berada di komplek Benteng Van Der Capellen sehingga akhirnya dinamakan Pasar Van Der Capellen.

Baca Juga : 7 Fakta Menarik Dubai Mall, Pusat Perbelanjaan Terbesar di Dunia

Di pasar ini, kamu bisa menemukan berbagai kuliner khas seperti Karupuak Pitalah, Katupek Pitalah, Karupuak Lado, Lamang Tapai, Nasi Padeh Simbua, Niro Talua, Rendang Telur, Bika, dan Kue Talam. Beberapa bisa kamu bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Pasar Kurai Taji menjual beragam oleh-oleh khas Pariaman

Pasar Kurai Taji berada di Kota Pariaman, Sumatera Barat dan baru saja diresmikan setelah revitalisasi. Di pasar ini terdapat 100 kios dengan 60 los yang masing-masing memiliki barang dagangan yang unik dan khas selain barang kebutuhan sehari-hari. Di pasar ini kamu dapat berburu oleh-oleh khas Sumbar khususnya kuliner khas Pariaman.

4. Pasar Sawahlunto hadirkan atmosfer Amsterdam di Tanah Minang

Pasar Sawahlunto berada di Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat. Pasar ini pernah terpilih menjadi juara ketiga dalam kategori pasar rakyat yang dikelola pemerintah kota. Pasar Sawahlunto merupakan salah satu daya tarik kota yang menghadirkan pusat perbelanjaan dengan sentuhan modern namun melibatkan pedagang tradisional. Kamu bisa berburu oleh-oleh di pasar tradisional ini, terutama oleh-oleh khas Sawahlunto seperti kain songket.

5. Pasar Songket Silungkang, spot terbaik berburu tenun dan songket

Songket merupakan salah satu oleh-oleh yang paling diburu oleh wisatawan yang datang ke Sumatera Barat. Di Muaro Kalaban Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto, hadir Pasar Songket yang baru saja diresmikan pada tahun 2016. Nah, jika kamu berniat untuk mencari oleh-oleh kain songket, tidak ada salahnya berkunjung ke pasar ini Itulah 5 pasar tradisional Sumbar yang bisa kamu datangi untuk berbelanja oleh-oleh. Kira-kira kamu mau mendatangi pasar yang mana dulu?

error: Content is protected !!