Pasar Tradisional

Mengenal Pasar Gede Solo: 16 Kuliner, Jajanan, dan Oleh-oleh Khasnya

Pasar Gede Solo adalah pasar yang kental dengan sejarah. Selain itu, pasar yang berdiri sejak 1927 ini terhitung jadi pusat wisata kuliner bagi wisatawan yang menghendaki jajan dan menikmati makanan khas Solo.

Tak hanya makanan tradisional, kini Pasar Gede Solo sbobet mobile terhitung jadi pusat kuliner untuk makanan kekinian. Simak apa saja kuliner, jajanan, dan oleh-oleh khas yang sanggup kamu dapatkan di pasar ini.

Sejarah Pasar Gede

Dikutip berasal dari buku Babad Sala (1984) oleh RM Sajid, Pasar Gede Solo dibangun th. 1927, yaitu terhadap era raja Pakubuwono X. Ditulis bahwa pembangunan pasar ini menggunakan dana 300 ribu gulden atau kira-kira Rp 2,5 miliar kalau dikonversi dengan kurs sekarang.

Arsiteknya adalah orang Belanda yang terhitung merancang banyak bangunan perlu di Indonesia, yaitu Thomas Karsten. Disebutkan bahwa peresmian bangunan Pasar Gede Solo diadakan secara besar-besaran.

Dalam catatan, Sejarawan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Waskito Widi, memperkirakan bahwa Pasar Gede merupakan salah satu pasar tertua di Solo. Pasar ini tak jauh berasal dari pusat pemerintahan Keraton Kasunanan Surakarta.

Setelah berdiri keraton terhadap 1745, Pasar Gede sudah jadi tempat jual beli, meski bangunannya baru dibangun 1927. Pasar ini terhitung berada di dekat Kali Pepe yang dahulu digunakan untuk sarana transportasi air, terhitung untuk perdagangan.

Baca juga:

Sejarah Perang Jawa, Pertempuran yang Dipimpin Pangeran Diponegoro

Sejarah Pertempuran Ambarawa 1945: Latar Belakang, Kronologi, dan Tokoh

Kuliner, Jajanan, dan Oleh-oleh Pasar Gede Solo

Berikut ini sejumlah, jajanan, dan oleh-oleh yang tidak boleh kamu lewatkan di Pasar Gede Solo:

1. Gempol Pleret

Gempol pleret adalah minuman tradisional berasal dari santan dan gula merah. Isiannya ada gempol dan pleret yang dibuat berasal dari tepung beras. Gempol warnanya putih dan rasanya gurih, tetapi pleret berwarna cokelat kemerahan dan rasanya manis.

Kamu sanggup menemukan gempol pleret di luar pasar di dekat pintu masuk utama. Beberapa penjaja es dawet di di dalam pasar terhitung menjual gempol pleret.

2. Tahok

Tahok terhitung kuliner legendaris Pasar Gede Solo. Tahok Pak Citro kini berada di depan bangunan barat Pasar Gede. Minuman ini terbuat berasal dari jahe, gula aren, dan serai. Isiannya adalah kembang paham yang dibuat berasal dari bahan kedelai. Rasanya manis, gurih, berpadu dengan hangat pedas jahe.

3. Cabuk Rambak

Jika menghendaki melacak makanan gampang tetapi agak mengenyangkan, coba cabuk rambak. Makanan ini terdiri berasal dari potongan ketupat yang dibubuhi bumbu kacang yang disebut cabuk, dan karak.

Kamu sanggup menemukan penjaja cabuk rambak dengan mudah. Dari pintu masuk utama, masuk saja lurus, penjaja cabuk rambak berada di sebelah kanan jalan.

4. Bolang-baling

Bolang-baling, gembukan, dan janggelut (cakue) sanggup kamu temukan di sisi utara Pasar Gede. Makanan ini dibuat berasal dari adonan tepung. Janggelut rasanya gurih, tetapi gembukan dan bolang-baling rasanya manis.

5. Es Dawet

Dawet bisa saja sanggup ditemukan di banyak daerah. Tetapi di Pasar Gede Solo, kamu sanggup menikmati es dawet yang rasanya khas Solo. Selain Es Dawet Bu Dermi yang sudah ternama, ada terhitung Es Dawet Bu Watik, dan masih banyak lagi.

Dawet adalah minuman khas yang memang tak hanya ditemukan di Solo. Dawet terdiri berasal dari santan, gula merah, telasih, bubur sumsum, cendol, potongan nangka, ketan ireng dan tape ketan.

6. Lenjongan

Lenjongan adalah aneka makanan gampang yang kebanyakan dibuat berasal dari bahan singkong. Macamnya pada lain ada tiwul, cenil, gatot, ketan ireng, pisang ijo, gethuk, sawut, jadah, dan lain-lain.

Lenjongan biasa di sediakan dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Rasanya ada yang gurih dan ada yang manis.

7. Kue Pukis

Kue pukis terhitung banyak ditemukan di beragam daerah. Salah satu yang legendaris di Solo sanggup kamu temukan di Pasar Gede, tepatnya di kawasan parkiran utara Pasar Gede. Lapak milik Bu Ning ini sudah berjualan sejak 1988. Ada 5 varian rasa, merasa berasal dari original, keju sampai cokelat.

8. Nasi Liwet

Nasi liwet adalah makanan khas Solo yang sanggup ditemukan di banyak tempat. Kamu terhitung sanggup menemukannya di Pasar Gede, tepatnya di lantai dua bangunan barat. Nasi liwet terdiri berasal dari nasi gurih atau nasi uduk, sayur labu siam, dan suwiran daging ayam.

9. Jamu

Jika menghendaki mencicipi jamu tradisional, kamu sanggup mencobanya di Pasar Gede Solo. Salah satunya di kawasan parkir utara Pasar Gede. Ada jamu daun pepaya, kunyit, brotowali, asem, sampai kencur.

10. Intip

Intip adalah makanan yang terbuat berasal dari kerak nasi kering yang rasanya gurih. Ada sebagian variasi rasa, yaitu asin, manis gula merah, dan original. Intip sanggup dibeli di beragam penjaja oleh-oleh. Di sisi utara pasar, ada penjaja yang menggoreng langsung di tempat.

11. Aneka Keripik

Aneka keripik di Pasar Gede Solo cocok bikin dijadikan oleh-oleh. Ada keripik ceker ayam, keripik kulit sapi, keripik paru, keripik belut, keripik usus, keripik kulit ayam, dan lain-lain.

12. Karak

Karak adalah semacam kerupuk yang dibuat berasal dari nasi kering. Kamu sanggup belanja karak yang siap makan atau karak mentah yang sanggup digoreng di rumah. Ada karak rasa bawang dan rasa terasi.

13. Abon

Abon merupakan salah satu makanan khas Solo. Abon kebanyakan diolah berasal dari daging sapi, tetapi sanggup terhitung berasal dari ayam, ikan lele, dan lain-lain. Kamu sanggup dengan gampang menemukan penjaja abon di Pasar Gede.

14. Sambal Pecel

Sambel pecel adalah sambal yang biasa digunakan untuk melengkapi makanan pecel. Sambal ini dibuat dengan bahan utama kacang. Kamu sanggup memilih varian sambal pecel pedas atau tidak pedas.

15. Racikan Minuman Rempah

Aneka rempah-rempah sanggup kamu temukan di Pasar Gede Solo. Kamu terhitung belanja racikan minuman rempah-rempah yang sudah siap seduh, layaknya wedang uwuh, wedang jahe, jahe jeruk, wedang kelor, dan wedang rosela.

16. Aneka Kuliner Kekinian

Pasar Gede kini tak hanya kondang dapat kuliner tradisionalnya. Lantai dua bangunan barat kini digunakan sebagai pusat kuliner kekinian. Ada sajian makanan western, dimsum, takoyaki, sampai warung kopi.

Itulah tadi sekilas mengenai Pasar Gede Solo, beserta 16 kuliner, jajanan, dan oleh-oleh yang sanggup kamu temukan di sana. Kalau ke Solo, jangan lupa singgah ke Pasar Gede ya.

error: Content is protected !!