Pasar Lokal

Berbagai Dampak Yang Dirasakan Oleh Pasar Lokal Dari Pembangunan Mall

Pembangunan mall dapat memiliki dampak yang kompleks terhadap pasar lokal. Beberapa dampaknya bisa bersifat positif, sementara yang lain bersifat negatif. Berikut adalah beberapa dampak umum yang dapat terjadi:

Dampak Positif:

  1. Penciptaan Lapangan Kerja:
    • Pembangunan mall biasanya menciptakan peluang kerja baru, baik dalam sektor ritel, layanan pelanggan, kebersihan, dan keamanan.
  2. Peningkatan Pendapatan Pajak:
    • Pemerintah daerah dapat mengalami peningkatan pendapatan pajak dari bisnis yang beroperasi di dalam mall.
  3. Peningkatan Keterjangkauan Barang dan Jasa:
    • Keberadaan mall dapat meningkatkan keterjangkauan barang dan jasa situs slot deposit pulsa untuk masyarakat lokal dengan memberikan akses ke berbagai toko dan merek.
  4. Pengembangan Infrastruktur Sekitar:
    • Kadang-kadang, pembangunan mall juga dapat mendorong pengembangan infrastruktur sekitarnya, seperti perbaikan jalan, parkir, dan transportasi publik.
  5. Peningkatan Daya Tarik Pariwisata:
    • Mall besar atau pusat perbelanjaan yang menarik bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan, membantu pertumbuhan sektor pariwisata lokal.

Dampak Negatif:

  1. Persaingan dengan Pedagang Lokal:
    • Mall sering kali bersaing langsung dengan pedagang lokal atau bisnis kecil, yang mungkin tidak dapat bersaing dengan harga atau skala yang sama.
  2. Peningkatan Biaya Hidup:
    • Pembangunan mall dan peningkatan kehidupan komersial seringkali diikuti oleh peningkatan biaya hidup di sekitar area tersebut, termasuk harga tanah dan properti.
  3. Pengurangan Keragaman Pilihan:
    • Meskipun mall menyediakan berbagai barang dan layanan, namun bisa juga menyebabkan pengurangan keragaman pilihan karena bisnis lokal kecil mungkin tidak dapat bertahan.
  4. Peningkatan Lalu Lintas dan Polusi:
    • Pembangunan mall dapat menyebabkan peningkatan lalu lintas dan polusi di sekitar area, terutama jika infrastruktur transportasi tidak memadai.
  5. Pengeluaran Konsumen diarahkan ke Mall:
    • Kegiatan belanja dan hiburan yang sebelumnya dilakukan di toko-toko atau bisnis lokal dapat dialihkan ke mall, meninggalkan beberapa bisnis lokal merasa terdampak.
  6. Resiko Kegagalan dan Peningkatan Harga Sewa:
    • Bagi pemilik bisnis lokal yang ingin membuka usaha di dalam mall, ada risiko kegagalan dan peningkatan harga sewa yang bisa membebani bisnis mereka.

Penting untuk dicatat bahwa dampak pembangunan mall dapat bervariasi tergantung pada konteks lokal dan bagaimana pemerintah setempat mengelolanya. Strategi perencanaan dan pengelolaan yang bijaksana dapat membantu memaksimalkan dampak positif sambil meminimalkan dampak negatif.

error: Content is protected !!